Selasa, 19 April 2011

Pulang kampung ke 5

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


السلام عليكم dan Selamat Sejahtera


Pulang kampung ke 5 maksudnya sejak penulis menjadi perantau dan tinggal diperantauan Provinsi Lampung, penulis melakukan perjalanan pulang kampung ke desa Baru Lubai di Kecamatan Prabumulih Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan, pada kesempatan ini merupakan yang kelima.
Setelah dua puluh tahun lamanya penulis mengikuti orangtua pergi merantau. Keluarga besar penulis saat ini berdomisili di Jalan Wibisono Nomor : 47 Tanjungkarang Kota Bandar Lampung Provinsi Lampun, penulis diajak Kakak sulung pulang kampung. Misi pulang kampung kelima ini adalah menghadiri resepsi pernikahan adik ipar Kakak sulung kami akan melangsungkan pernikahannya.

Catatan perjalanan ini merupakan sekelumit cerita, penulis melakukan aktivitas selama melakukan perjalanan pulang kampung pada tahun 1990.

17 Maret 1990, Berangkat pulang kampung
       Rombongan pulang kampung ke 5 ini terdiri dari :  Ibunda, Kakak sulung, Kakak perempuan, Adik perempuan, Lina Nungcik, Andi Tiawarman, Penulis dan driver Alexander. Kendaraan yang dipergunakan adalah minibus keluaran pabrik chevrolet. Kami berangkat pukul 17.00 WIB dari rumah di Jl. Wibisono Nomor 43 Tanjung Agung Tanjungkarang Timur Bandar Lampung, menuju Kotabumi.
       Tiba di Kotabumi pukul 20.00 WIB kami serombongan mampir ke Restoran untuk santap malam, semua menyantap dengan penuh semangat. Selesai santap malam, perjalanan dilanjutkan kembali, mobil melaju dengan kecepatan rata-rata 60 kilomter perjam.
        Menjelang perbatasan Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan, kami kembali mampir ke Rumah makan yang lokasinya persis terletak di lintas tengah Sumatera. Ada  yang memesan kopi, ada yang memesan teh. Khususnya Alexander sibagai sang driver diberikan waktu untuk merokok dan beristirahat waktu telah menunjukkan pukul 12.00 WIB.
         Penulis terbangun dari tidur pukul 02.00 dinihari, kendaraan berhenti di kota Baturja. Awalnya penulis mengira bahwa kami telah sampai ditujuan. Ternyata Alexander merasa sangat mengantuk sehingga diperlukan untuk mengganti yang membawa mobil. Kakak sulung penulis akhirnya menggantikan posisi driver.
          Ketika rombongan kami telah memasuki wilayah desa Lecah Kecamatan Rambang Lubai, suasana sangat mencekam. Kendaraan tidak ada satupun yang melintas. Kakak sulung berkata kepada penulis, berdoalah kepada Allah SWT agar kita terhindar dari mara-bahaya dan mala-petaka. 
           Kecelakaan hampir saja terjadi, Kakak sulung agak mengantuk sehingga kendaraan sempat keluar dari jalan beraspal. Alhamdu lillah kendaraan dapat dikendalikan kembali, oleh Kakak sulung penulis. Menjelang waktu sholat Subuh, pukul 04.00 WIB kami tiba dirumah Paman Sukardin pada hari Jum'at.

18 Maret 1990, Tiba di desa Jiwa Baru
      Akibat rasa penat dan lelah selama dalam perjalanan penulis tertidur dari pukul 05.00 WIB, terbangun waktu pukul 11.00 WIB. Pada sore harinya kami diajak oleh saudara sepupu penulis Sangkut Novriada untuk bersama-sama mandi di Sungai Lubai. Mandi ke sungai Lubai ini membuat kenangan  yang dialami penulis kecil dulu membayang kembali. Pernah suatu ketika penulis mandi di sungai Lubai, menancapkan sebatang kayu dipinggir sungai Lubai untuk menempatkan pakaian. Tancapan kayu itu ternyata bergerak dikarenakan pasir dibawah oleh air. Penulis bersama teman-teman asyik bermain dengan air, tanpa disadari kayu dan pakaian penulis telah hanyut dibawah oleh air.
     Tepat pukul 21.00 WIB hari Sabtu, penulis dan Alexander masuk ketenda Resepsi Pernikahan adik ipar Kakak sulung penulis. Ketika memasuki tenda disana tertulis dari desa Pagar Gunung, Kotabaru, Beringin, Gunung Raja dan sebagainya. Penulis semula binggung, ingin duduk dibarisan desa mana. Akhirnya tanpa pikir lebih lama, kami duduk di barisan desa Pagar Gunung. Pada saat penulis menghadiri pesta ini, pakaian yang dikenakan adalah celana Jean dan Baju Kaos warna hijau. Saat itu ada yang bertanya kepada penulis tugas dimana? Ada yang mengira bahwa penulis merupakan salah seorang intel dari aparat Kepolisian.
    
19 Maret 1990,  Kembali keperantauan...


       Kami serombongan kembali berangkat untuk menuju kota Baturaja, pukul 14.00 WIB dari desa Kurungan Jiwa. Semula kami ingin mampir ke Desa Peninjauan OKU, akan melihat kondisi jalan yang tidak baik kami akhirnya membatalkannya.
        Tiba di kota Baturaja 18.30 WIB, kami mampir ke Rumah makan yang terletak dipinggir jalan raya Baturaja ke Prabumulih untuk santap malam. Selesai santapan malam dan beristirahat sebentar perjalanan dilanjutkan kembali menuju Martapura, Kotabumi dan Bandarjaya. Sepanjang perjalanan penulis tertidur pulas. Ketika terbangun, telah sampai kembali didepan rumah di Tanjungkarang, menjelang waktu sholat Subuh...

Blogged with the Flock Browser

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita 7